Pembukaan Pameran 3 Point Award

3 Point Award

Bertempat di Kelas Pagi Yogyakarta , pada tanggal 8 oktober 2011 telah diselengarakan sebuah event photography  yang merupakan rangkaian acara dalam  rangka Mois de la Photo ( Bulan Foto ) yang diselenggarakan oleh Lembaga Indonesia Prancis Yogyakarta bekerja sama dengan  Ruang Mes 56. Pada acara 3 Point Award pertama ini telah terpilih 3 fotografer muda  yaitu Dito Yuwono, Doni Maulistya dan Seto Hari Wibowo. Ketiganya telah memalalui proses seleksi dan kuratorial di bawah Mas Angki (mes 56) . 

Tiga artist 3 Point Award dan kuratornya.









                                     










 Berikut ini adalah hasil wawancara kami dengan Mas Angki.
Q:    apakah itu 3 point award ?

A :  3 Point Award merupakan  sebuah event / pameran sebagai bentuk penghargaan bagi anak – anak muda yang utamanya dibawah 30 tahun dan tidak harus berlatar belakang pendidikan fotografi . dimana mereka memiliki konsistensi atau rutinitas dalam fotografi  dan memiliki prestasi minimal 2 tahun tetap aktif dalam usahanya atau eksperimennya tenteng fotografi .3 Point Award merupakan progam untuk meregenerasi seniman dan karya – karya fotografi . untuk selanjutnya 3 Artis dari 3 Point pertama ini berikutnya akan memilih 3 artis berikutnya untuk menjadi artis 3 Point Award dan seterusnya  sehingga progam ini akan memiliki kesinambungan.

Q: yang di maksudkan prestasi disini adalah prestasi seperti apa ?
  
A : Prestasi disini khususnya pada aktifitas fotografinya . aktif di dalam konsep – konsepnya fotografinya  yaitu konsistensinya pada fotografi kontemporer atau diluar dokumentari. Kontemporer tidak di diskripsikan hanya dari teks tetapi bagaimana orang memahami kontemporer dari prosesnya. Kontemporer itu sendiri sebuah gagasan yang mengambil situasi terkininya  entah itu gagasan klasik atau tradisional  tetapi dengan perpaduan teknologi  atau isu terkini pun akan menjadi kontemporer . Memotret sendiri merupakan suatu hal "lawas" adalah gagasan sehinnga jika digabungkan menjadi "sesuatu"  yang kontemporer. Setiap gagasan merupakan suatau ide gagasan dasar.

Q:  Award sendiri disini memiliki arti apa ?
A :  Award merupakan prosesnya  mulai dari pemilihan , kuratorial , management , produksi, material yang kesemuaanya merupakan pengalaman yang benar tidak hanya membuat gagasan atau mencetaknya saja tetapi produksi , publikasi dan lain – lainnya.

 Q :  Mengapa ketiga Artis ini dapat terpilih sebagai penerima 3 Point Award pertama ?
A:  Kita melakukan seleksi, , kita melihat prestasi mereka bertiga dalam 2 tahun terakhir dan melalui perkenalan yang alamaiah. Seperti Aul (Doni Maulistya) yang pernah mempresentasikan gagasannya di MES 56,Dito yuwono dengan Online Magazinenya (Huff Magazine), dan Seto Hariwibowo dengan Komunitas fotografinya di Malang. Mereka semua membawa gagasan – gagasan yang kemudian di kembangkan berdasarka komposisi atau pengalaman – pengalaman yang saya lihat dan mereka layak menjadi 3 Point Award.

Q:  Bagaimana proses pendaftaran maupun seleksi dari 3 Point Award ?
A:  Pendaftaran mulai berlangsung pada 1 januari hingga 30 mei, proses seleksi akan berlangsung pada bulan Juni sedangkan bulan juli hingga oktober merupakan proses presentasi dan pameran .
- selanjutnya 3 Point Award tidak terbatas pada dalam negeri saja tetapi dari luar negeri juga.
- Prosesnya adalah pengiriman proposal dan beberapa contoh karya, lalu setelah proses seleksi dan melihat dari CV (curriculum vitae) lalu proses interview dan penilaian utama bukan seberapa banyak sedikitnya pameran melainkan pada gagasan originalitasnya.

Q: Apa nilai plus dari 3 Point Award ?
A : Nilai penting dari 3 Point Award bukan pada prestasinya secara harafiah tetapi pada bagaimana kita menentukan pilihan – pilihan kita terhadap gagasan – gagasan  masa depan fotografi kontemporer itu sendiri sehingga semakin banyak regenerasi maka akan semakin banyak pilihan.


Comments

Popular Posts