Kunjungan Fotografer Perancis Laurence Leblanc

Selasa (20/03/12) Kelas Pagi Yogyakarta kedatangan seorang tamu dari Perancis, fotografer Laurence Leblanc, Ia sedang berada di Yogyakarta terkait dengan sebuah pameran foto bertajuk  FOREIGN, FAMILIAR (ASING, AKRAB) yang tengah digelar sd 9 April 2012 di Langgeng Art Foundation. Laurence adalah salah satu dari sembilan fotografer yang turut berpartisipasi dalam pameran yang masih akan berlangsung hingga 9 April 2012 tersebut. Serangkaian dengan kegiatan pameran itu ia juga sempat menjadi pembicara dalam kuliah umum di IFI - LIP Yogyakarta hari Senin (19/03/12) lalu.

Kunjungan Laurence ke KPY sendiri adalah karena ketertarikannya terhadap komunitas fotografi yang memiliki galeri dan juga bergerak dalam bidang edukasi fotografi di Yogyakarta. Selama sekitar 2 jam Laurence berbincang-bincang dengan beberapa admin KPY dan berbagi pengetahuan serta pengalaman fotografi yang tengah dilakukan masing-masing.  Di kesempatan ini Laurence juga  memberikan miniportfolio-nya untuk Perpustakaan Kelas Pagi Yogyakarta dan menyempatkan berkeliling, melihat fasilitas  di Rumah KPY.


Thank you IFI-LIP Yogyakarta & ... Thank you Laurence !! for coming over to meet us at KPY  and  sharing such invaluable knowledge and  experiences  ... 




Tentang Laurence Leblanc:
Lahir di Paris pada tahun 1967. Fotografi Laurence Leblanc dimulai sebagai sebuah dialog dengan musik, terutama dengan karya-karya Peter Gabriel. Setelah meninggalkan bidang itu, ia memutuskan untuk mengeksplorasi dunia anak-anak dalam usaha untuk memvisualisasikan perasaan-perasaan bawah sadar yang menimbulkan tantangan. Ia pergi ke Kamboja di mana pengalaman traumatis akan kekejaman Khmer Merah masih menghantui generasi yang lahir seperempat abad setelah periode dramatis tersebut, dan menemukan cara yang sensitif untuk mengangkat hal ini. Setelah itu ia mengangkat wanita-wanita Kamboja yang hidup di kuil-kuil sembari mengembangkan pendekatan personal terhadap warna. Fotografi sensitif yang ia lakukan adalah saksi yang kuat sebagai sebuah medium dokumenter.

Laurence Leblanc direpresentasikan oleh Agence Vu.


Comments

  1. coba aku melu ngobrol ya, lumayan bisa praktekin bahasa prancisku, hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts