Kumpul Buku Foto Yogya, 15-16 November 2013



Apa jadinya jika buku-buku foto yang jarang ada di pasaran di Yogya tiba-tiba berkumpul menjadi satu di sebuah ruangan dan bisa dinikmati secara gratis selama dua hari? Nah, itulah yang terjadi pada 15-16 November 2013 lalu. Seperti apa acaranya? Yuk, kita simak liputannya.









Kumpul Buku Foto Yogya (Photo Book Club Yogya) 2013 adalah sebuah acara yang mempertemukan para pemilik maupun penggemar buku-buku fotografi. Diselenggarakan atas kerjasama Cephas Forum dan Kelas Pagi Yogyakarta, di Rumah KPY pada Jumat dan Sabtu 15-16 November 20013, acara ini cukup menarik perhatian penggemar dan pecinta buku-buku fotografi. Acara yang baru sekali ini diadakan, berkonsep seperti perpustakaan sukarela, di mana para pemilik buku fotografi memajang dan meminjamkan secara gratis buku-buku ataupun majalah-majalah fotografi milik mereka untuk dibaca di tempat oleh siapa saja yang datang ke acara ini. Aneka buku fotografi, mulai dari buku-buku fotografi dari luar negeri, buku fotografi terbitan sendiri (self-published), majalah dan zine bertema fotografi berbagai genre dan aliran ada di sini. Cuaca yang tidak bersahabat serta sempat terjadi pemadaman listrik pun tidak menyurutkan niat para penggemar buku fotografi untuk datang dan menikmati aneka buku-buku fotografi milik para peserta. Selain bisa membaca buku-buku fotografi yang bagus secara gratis, peserta juga bisa berdiskusi dan saling mengobrol tentang buku fotografi. Para peserta tidak hanya datang dari Yogya, tetapi juga dari luar kota, seperti Jakarta, Solo, bahkan ada pula yang jauh-jauh datang dari Kuala Lumpur hanya untuk mengikuti acara ini. Terima kasih, Mak Cik!








Selain perpustakaan sukarela, ada juga presentasi foto dari dua fotografer yang telah menerbitkan buku foto mereka, yaitu Safir Makki (Juvenile Evolvere, 2013) dan Aji Susanto Anom (Nothing Personal, 2013), yang terselenggara pada Jumat 15 November 2013, pukul 15.00 WIB dan dipandu oleh Regina Safri. 







Acara ini berlangsung pada 15 November (mulai jam 09.00-21.00 wib) dan 16 November (mulai 09.00-16.00 WIB).  Waktu dua hari terasa kurang, karena cukup banyak buku-buku menarik yang sayang untuk dilewatkan. Namun, tidak ada pesta yang tidak berakhir. Acara yang sangat menarik yang berlangsung selama dua hari ini pun berakhir.

Terima kasih untuk acara yang menarik dan sangat menyenangkan ini! Semoga tahun depan acara ini bisa berlangsung lagi. Kami tunggu ya!

photos by: Kurniadi Widodo, Carten Nulagraha, Denan Bagus

Comments

Popular Posts