IBU KOTA: Pameran Fotografi Fashion oleh 27 Fotografer Fashion Indonesia



PAMERAN FOTOGRAFI FASHION “IBU KOTA”



Fashion dimetaforakan sebagai kulit sosial yang membawa pesan dan gaya hidup suatu komunitas tertentu yang merupakan bagian dari kehidupan sosial. Thomas Carlyle mengatakan, “Pakaian adalah perlambang jiwa. Pakaian tak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia.” Karenanya, perkembangan dunia fashion menjadi satu dari beberapa hal yang sangat signifikan kita rasakan selain perkembangan industri dan teknologi. Perkembangan dunia fashion yang signifikan ternyata mampu merangsang lahirnya sebuah aliran dalam fotografi yang juga berkembang tak kalah pesatnya dari dunia fashion itu sendiri. Tren fotografi fashion sekarang tidak sekadar menjadi medium acuan atau foto produk semata, namun ia telah berevolusi menjadi sebuah bentuk hasil karya olah rasa yang tinggi.

Dengan semangat untuk berbagi referensi mengenai dunia fashion dan fotografi fashion itulah, Kelas Pagi Jakarta (KPJ) bekerjasama dengan Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) menyelenggarakan acara bertajuk IBU KOTA, Pameran Karya Fotografer Fashion Indonesia. Acara pameran ini akan digelar pada:

Pembukaan: 
Jumat, 6 Juni 2014 
Pukul 19.00 WIB

Pameran: 
7 s.d. 15 Juni 2014
Pukul 16.00 - 22.00 WIB

Tempat: 
Rumah Kelas Pagi Yogyakarta
Jl. Brigjend Katamso, Prawirodirjan GM II/1226 
Gondomanan, Yogyakarta 
(50 Meter selatan Jogja Tronik, masuk jalan sebelah Indomaret).

27 (dua puluh tujuh) fotografer fashion yang karyanya telah dikenal dan dianggap cukup berpengaruh dalam dunia fotografi Indonesia akan mempresentasikan hasil karyanya dalam pameran ini. Mereka adalah :

Tema IBU KOTA dipilih karena Jakarta, ibu kota negara kita, merupakan tempat tinggal dari sebagian besar fotografer yang berpartisipasi. Selain itu, tinggal di Jakarta dirasakan sebagai hal yang tidak mudah, terlebih bagi seniman yang dituntut untuk dapat menciptakan atau menghasilkan keindahan di tengah kondisi Jakarta yang serba kacau.

Pameran ini akan dibuka pada hari Jumat, 6 Juni 2014 pukul 19.00 WIB, dan buka setiap hari dari tanggal 7 - 15 Juni 2014 setiap pukul 16.00 - 22.00 WIB. Selain pameran, juga akan ada dua rangkaian acara lain yaitu  :

  • Workshop Fashion Photography sesi I: Fashion Photography oleh Anton Ismael pada Sabtu 7 Juni 2014
  • Workshop Fashion Photography lanjutan (sesi II): oleh Ifan Hartanto, Aralee Niken, Cak Ncop, dan Profesional Fashion Stylist pada 14 Juni 2014
  • Workshop ini berbayar dan tempat terbatas. Biaya investasi, tata cara pendaftaran dan hal teknis lain akan segera kami informasikan menyusul.
  • Seluruh rangkaian acara bertempat di Kelas Pagi Yogyakarta.

Comments

Popular Posts