Diskusi Foto: Eksplorasi Visual Dalam Proyek Foto Dokumenter


Cephas Photo Forum dan Kelas Pagi Yogyakarta menggelar

Diskusi Foto 
Eksplorasi Visual Dalam Proyek Foto Dokumenter

bersama Yoppy Pieter 

Senin, 10 November 2014
Pukul 16.00 WIB

di Rumah Kelas Pagi Yogyakarta 
Jl. Brigjen Katamso GM II/1226, Prawirodirjan
(50 meter selatan Jogjatronik, belakang Indomaret)

acara ini terbuka untuk umum dan gratis

---

Fotografi dokumenter masih tetap menjadi alternatif yang populer bagi banyak fotografer untuk merekam dan menyampaikan sebuah cerita secara visual. Meskipun demikian, pendekatan dan bentuk-bentuk visual foto dokumenter klasik yang berusaha bersikap sepenuhnya obyektif dan cenderung bertumpu pada perekaman kejadian-kejadian dan peristiwa, tanpa disadari bisa memberikan batasan pada mereka yang ingin mengangkat sebuah cerita dari perspektif yang berbeda maupun menyentuh aspek-aspek yang lebih subtil dari cerita tersebut. Dengan mulai lebih bisa diterimanya foto-foto dokumenter dengan sentuhan subyektif dan personal belakangan ini, maka eksplorasi visual dalam proyek foto dokumenter seharusnya juga mulai menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan, sehingga foto-foto yang dibuat tidak hanya mampu bercerita, tetapi juga berkesan sehingga membekas di benak pelihatnya. 

Dalam kesempatan ini, fotografer Yoppy Pieter akan menunjukkan beberapa proyek foto dokumenter pendek yang pernah ia buat dengan penyelesaian bentuk-bentuk visual yang kreatif, dan berbagi proses bekerjanya mulai dari mengolah ide hingga mengeksekusinya. 

---

Yoppy Pieter adalah seorang fotografer muda yang tertarik pada isu-isu sosial. Ia telah menempuh pelatihan fotografi di PannaFoto Institute, Permata Photojournalist Grant, dan Angkor Photo Workshop. Sejak tahun 2010 Yoppy bekerja sebagai fotografer lepas dan penulis perjalanan. Foto-fotonya pernah dipublikasikan antara lain di DestinAsian Indonesia, Jalan-Jalan, dan National Geographic Traveler Indonesia. Saat ini ia juga tergabung dalam kolektif fotografer independen Arka Project.

Comments

Popular Posts