Pameran Fotografi & Workshop PANDA CLICKS!



PAMERAN FOTOGRAFI
GALERI KELAS PAGI YOGYAKARTA
JL BRIG JEND KATAMSO - PRAWIRODIRJAN GM II/1226
GONDOMANAN - YOGYAKARTA 
Denah lokasi : klik disini
30 APRIL - 4 MEI 2016 | Pk. 17.00 - 22.00 WIB

PEMBUKAAN PAMERAN
30 APRIL 2016  |  Pk. 18.30 WIB
MC Yasti Tako
PERFORMANCE
SANGGAR SENI KINANTI SEKAR
DAYAK SAPE OLEH UYAU MORIS

TRIBAL TATOO DAYAK IBAN OLEH HENDRA FOLK
DLL

DISKUSI KARYA dengan 5 PEMOTRET PANDA CLICK!
GALERI KELAS PAGI YOGYAKARTA
1 MEI 2016  | Pk. 19.00 - 21.00 WIB

DISKUSI FOTOGRAFI PANDA CLICK!

RUANG SIDANG 1  |  GD POERBATJARAKA LT 1
FAKULTAS ILMU BUDAYA | UNIVERSITAS GADJAH MADA
2 MEI 2016 | Pk. 10.00 - 12.00 WIB
PEMBICARA
Prof. Dr. PM. LAKSONO, M.A.

DISKUSI FOTOGRAFI PANDA CLICK!
RUANG DISKUSI BASEMENT GD THOMAS AQUINAS
KAMPUS 2 UAJY BABARSARI YOGYAKARTA
3 MEI 2016 | Pk. 10.00 - 12.00 WIB
PEMBICARA
MARIO ANTONIUS BIROWO, M.A., Ph.D.
CP UAJY WA / SMS  0815 4855 1056

WORKSHOP
LOOP STATION YOGYAKARTA
JL. TRIKORA No. 2 - NOL KILOMETER - YOGYAKARTA
4 MEI 2016 | Pk. 15.00 - 17.00 WIB
NARASUMBER
ANTROPOLOG PROGRAM PANDA CLICK!
KASAN KURDI  [ FREELANCE FOTOGRAFER GREENPEACE UNESCO DLL ]
FOTOGRAFER PANDA CLICK! PERWAKILAN KALTENG & KALBAR
WWF TIM PENDAMPING PANDA CLICK!

Visual report dari Kelas Pagi Yogyakarta klik disini
INFO KESELURUHAN EVENT
: TWITTER @kelaspagiyogya

---------

Pameran dan Workshop PANDA CLICKS!
(Communication Learning towards Innovative Change and Knowledge)
Penguatan Masyarakat Melalui Fotografi
Yogyakarta, Bandung, Jakarta


Tren kamera digital dan fotografi bukan hanya monopoli masyarakat urban. WWF Indonesia Program Kalimantan Barat memadukan kamera dan fotografi sebagai media penguatan masyarakat dalam kegiatan Panda CLICK! (Communication Learning towards Innovative Change and Knowledge) yang telah berlangsung sejak 2010. Dalam enam tahun perjalanannya, Panda CLICK! di Kalbar telah berkembang di empat kabupaten yakni, Kabupaten Kapuas Hulu, Sambas, Kubu Raya, dan Sintang, dengan fokus isu konservasi habitat dan spesies orangutan, penyu, bekantan, dan pesut.

Kegiatan Panda CLICK! Ini dimotori Tim Komunikasi WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat yang memberikan materi pelatihan dan pendampingan, antara lain dasar-dasar fotografi dan jurnalistik lingkungan. Masyarakat difasilitasi dengan dipinjamkan kamera saku digital (pocket digital camera) melalui penandatanganan Berita Acara antara WWF-Indonesia dengan pemerintah kecamatan dan desa/dusun setempat. Masyarakat kemudian diberikan pelatihan dan pendampingan untuk menguasai penggunaan alat (kamera foto), teknik-teknik pengambilan gambar, serta mempresentasikan hasilnya secara interaktif (share and learning process). Kemudian tim WWF melakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali untuk memantau perkembangan kemampuan peserta. Foto-foto yang dihasilkan kemudian diseleksi oleh Tim Komunikasi untuk dipilih yang terbaik.

Panda CLICK! secara umum ditujukan untuk meningkatkan peran dan kapasitas masyarakat dalam konteks konservasi, dimana masyarakat dibekali keterampilan fotografi untuk merekam secara visual berbagai potensi maupun permasalahan terkait sumberdaya alam dan konservasi. Lokasi dilaksanakannya program Panda CLICK! memang dipilih lokasi-lokasi yang merupakan habitat orangutan, bekantan, penyu, dan pesut yang menjadi fokus kerja konservasi WWF di Kalimantan Barat.

Masyarakat terlibat aktif dalam kegiatan perencanaan, perekrutan peserta dan pelatihan program Panda CLICK! Masyarakat juga sangat aktif dalam melakukan kegiatan komunikasi secara partisipatif. Kegiatan Panda CLICK! secara nyata memberikan dampak positif terhadap pengembangan kapasitas masyarakat di tingkat lokal dan turut terlibat langsung dalam kerja-kerja konservasi khususnya mendokumentasikan orangutan, bekantan, penyu, dan pesut, di habitat aslinya. Selain itu, pengembangan ekonomi alternatif juga menjadi bagian dari capaian Program Panda CLICK! melalui pengembangan potensi ekowisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism) yang digali dan divisualkan oleh para peserta.

Sampai tahun 2016, Program Panda CLICK! sudah menghasilkan lebih dari 300.000 foto dari keseluruhan project di Kalimantan Barat, dan telah dipamerkan dalam dalam beberapa rangkaian workshop dan pameran foto berskala lokal, regional, nasional, dan internasional. Program ini juga telah menerbitkan 2 buku, Panda CLICK! Book for Kapuas Huu Project “Crystal Eye 2013” (Bahasa Indonesia dan English), dan Panda CLICK! Book for Sintang Project “Membingkai Rana Jelundung 2013”. Keberhasilan Panda CLICK!  di Kalimantan Barat telah menginspirasi daerah-daerah lain di Indonesia, antara lain Papua Barat dan Kalimantan Tengah untuk juga mengembangkan kegiatan ini.


-------

Exhibition View Photos by Hanin Pratomo
























Comments

Popular Posts