24/2/2017 Bincang Muda: Visual Literacy: Kamera, Rupa, Cerita


-->


Bincang Muda: Visual Literacy: Kamera, Rupa, Cerita

Di era digital ini, banyak interaksi visual yang terbangun di atas medium fotografi. Salah satunya interaksi visual melalui akun media sosial, User Interface yang sangat memudahkan pengguna sosial media, kadangkala membentuk kultur dimana pengguna hanya menikmati foto secara sekilas tanpa respon lanjutan.

Pada konteks ini, pemuda adalah subjek yang banyak terlibat dan membentuk kultur fotografi dan interaksi dalam media sosial. Namun demikian menilik kondisi sosial yang terjadi di Indonesia belakangan ini, adagium ‘seeing is believing’ dalam medium visual, kadangkala disalahgunakan untuk memanipulasi fakta dalam wujud ‘hoax’. Kaum muda yang seharusnya bersikap kritis malah bersikap ‘taken for granted’ atas tindakan produksi dan konsumsi fotografi di dalam media sosial. 

Dilatarbelakangi oleh hal-hal tersebut, perlu adanya edukasi atau setidaknya introduksi mengenai pentingnya visual literacy atau pembacaan visual pada medium fotografi.

Mari datang dan ikuti Bincang Muda dengan tema “Visual Literacy: Kamera, Rupa, dan Cerita” yang akan diselenggarakan pada :
Jumat, 24 Februari 2017

Pukul 16.00 WIB 
di Gedung BC Lantai 1, Fisipol UGM - Bulaksumur Yogyakarta


Pembicara:
1. Sukri Ghazali - perspektif analisis teoritis visual literacy 
(Wakil Direktur Akademis Kelas Pagi Yogyakarta)

2. Kurniadi Widodo - perspektif empiris visual literacy 
(Ex Dir Akademis Kelas Pagi Yogyakarta - Founder Flock Project )

Moderator:
1. Safira Latifa (Publicia Photo Club)

Terbuka untuk umum dan  nikmati jajanan sore!
Narahubung: 089667861671 (Aditya Rizki Pratama)

Comments

Popular Posts