2 hari Workshop APRESIASI SENI - Fotografi | 21 - 22 /4/2018 Pembicara Alia Swastika



click image to enlarge


click image to enlarge


click image to enlarge
.

TERIMAKASIH 
FULLY BOOKED

Sampai bertemu Sabtu 21/4/ dan Minggu 22/4/2018
Visual Report Cek : 
https://goo.gl/65vWbq  [ mungkin Album error per 27/9/2018 ]
Youtube video clip pertanggungjawaban Acara & Sponsor :
 https://www.youtube.com/watch?v=2DoXGNP27_s

---------

Terimakasih kawan kawan pendaftar early bird yang sudah transfer, sudah ada yang kami hub satu persatu, silakan cek WA / SMS Anda. Bila belum mendapat WA / SMS dari kami, cek Next day dore s.d malam ya :)

Paling lambat 
Tgl 16 /4 /2018 kami juga akan mereply email kawan - kawan yang mendaftar gelombang Reguler 
terimakasih

--------- 

2 HARI WORKSHOP APRESIASI SENI

SERI FOTOGRAFER PEREMPUAN DUNIA

Pengampu Kelas: Alia Swastika
Moderator : Kurniadi Widodo

-- KIRIMKAN EMAIL PENDAFTARAN LENGKAPI DATA dan INFONYA,
AKAN DIPILIH GRATIS 5 ORANG -- 

Pendaftaran  5 - 10 April 2018 Rp 185.000
Pendaftaran 11 - 15 April 2018 Rp 200.000
[ Peserta terbatas ]
Lokasi Workshop : Kelas Pagi Yogyakarta
Peta : http://s.id/k17

Email ke kelaspagiyogyakarta@gmail.com
Subject Email : Daftar Workshop Apresiasi Seni

Sertakan informasi
- Nama Lengkap
- Nomor HP / WA
- Pendidikan terakhir
- Profesi / Kegiatan 
- Link Sosmed [ FB / IG / Web / Twitter etc ]
- Alasan mengikuti Workshop ini
- Prioritas Pendaftaran sesuai urutan email masuk dan pembayaran masuk [nantinya]

Email pendaftaran akan kami response 11 dan 16 April 2018

Fasilitas
Sertifikat + Snack + drink

---------

JADWAL WORKSHOP 

Tanggal 21 April 2018
14.00 – 15.00 Pengantar: Perempuan, fotografi dan seni kontemporer
15.00 – 16.00 Gender dan Seksualitas dalam fotografi: Nan Goldin, Ellie English, Luo Yang

16.30 – 18.00 Bedah karya fotografer perempuan dan khazanah budaya Amerika: Diana Arbus, Cindy Sherman, Annie Lebovitz, Carrie Mae Weems

Tanggal 22 April 2018
14.00 – 15.00 Ras dan kelas dalam fotografi kontemporer:  Rinneke Dijstra, Zenele Muholi, Nydia Blas,
15.00 – 16.00 Bedah karya: Tina Modotti, Shirin Neshat
16.30 – 18.00 Bedah karya: Tomoko Yoneda, Amanda Janowski

SERI FOTOGRAFER PEREMPUAN DUNIA

Pengampu kelas: Alia Swastika
Sejarah kebudayaan secara umum, dan sejarah seni secara khusus, menunjukkan bagaimana pemikiran arus utama dalam catatan sejarah didominasi oleh para pencipta laki-laki. Sementara, pada kenyataannya, para perempuan telah memberikan kontribusi besar dalam penciptaan narasi-narasi sejarah dengan perspektif dan pandangan dunia yang unik dan kompleks. Mempelajari pemikiran dan karya-karya seniman perempuan tidak saja memperkaya khazanah kebudayaan, tetapi juga mendorong kita untuk membangun posisi dalam kemanusiaan. 

Seri apresiasi seni fotografer perempuan ini mengajak partisipan untuk mempelajari, mendiskusikan, dan memetakan ulang peran dan posisi beberapa fotografer perempuan dalam pembangunan sejarah kebudayaan. Dengan bentuk yang lebih kecil dan intim, kelas ini berusaha untuk membaca karya-karya para fotografer perempuan, dan melihatnya dalam konteks sejarah seni dan juga dalam konteks politik dan identitas budaya yang lebih luas. Keragaman latar belakang para fotografer yang menjadi contoh kasus juga akan membawa peserta untuk melihat berbagai lanskap budaya yang menjadi bagian dari proses kreatif para seniman. 

Dengan bentuk kelas yang terfokus dan terbatas, diskusi juga diharapkan dapat memantul pada pendekatan cara pandang yang kaya: gender dan seksualitas, poskolonial, urbanisme, kelas dan ras, dan sebagainya. 

---------
Alia Swastika adalah lulusan Jurusan Komunikasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sejak 2000 ia aktif menerbitkan esai-esainya di jurnal akademik dan mempresentasikan penelitiannya di berbagai seminar dan lokakarya. Pada 2000-2004 ia menjadi editor untuk terbitan Surat dan Manajer Artistik Cemeti Art House, Yogyakarta. Alia telah mengikuti beragam program pertukaran seniman dan residensi, antara lain, program UfaFabrik di Berlin, Jerman (2005), magang di The Asia Society, New York, dengan dana dari Asian Cultural Council (2006), ArtHub, Shanghai (2007) dan magang di National Art Gallery, Singapura (2010). Sejak 2008 ia menjadi kurator di Ark Galerie, Jakarta.

Beberapa karya kuratorialnya antara lain The Past The Forgotten Time (Amsterdam, Jakarta, Semarang, Shanghai, Singapura, 2007-2008); Manifesto: The New Aesthetic of Seven Indonesian Artists (Institute of Contemporary Arts, Singapura, 2010); dan pameran tunggal Eko Nugroho, Tintin Wulia, Wimo Ambala Bayang dan Jompet Kuswidananto.

Pada 2011 Alia menjadi kurator Biennale Jogja XI bersama Suman Gopinath (India) dengan mengeksplorasi tema spiritualitas, religiusitas dan kepercayaan. Pada 2012 ia kurator pameran yang berfokus pada seniman Indonesia di Art Dubai 2012 dalam program “Marker”. Kerja kuratorial terbarunya ialah sebagai ko-direktur artistik The 9th Gwangju Biennale: Roundtable, Korea Selatan, bersama lima kurator lainnya dari Asia. Selain itu saat ini Alia juga menjabat sebagai Sekretaris Koalisi Seni Indonesia.

Alia masuk dalam daftar 10 kurator muda ASIA https://www.cobosocial.com/dossiers/10-asia-curators/


Kurniadi Widodo adalah fotografer lepas dan edukator yang tinggal dan bekerja di Yogyakarta. Ia mempelajari fotografi secara otodidak dan melalui beberapa workshop, antara lain Training of Trainers di Pannafoto Institute (2013 & 2014) dan Photobook Masterclass di Galeri Foto Jurnalistik Antara (2013).

Selain bekerja dan mengerjakan proyek-proyek personal, sejak 2010 Wid juga aktif dalam kelompok-kelompok dan komunitas yang berfokus pada edukasi fotografi. Pada 2010 ia bersama 7 orang fotografer muda lainnya membentuk wadah diskusi Cephas Photo Forum. Ia menjadi Direktur Akademik di Kelas Pagi Yogyakarta pada 2012-2016. Pada 2016 ia turut serta memfasilitasi workshop fotografi dokumenter Doc.Now! dan bertindak sebagai mentor di workshop yang sama pada 2017.

Saat ini Wid tengah mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan penerbitan karya-karya fotografi secara independen melalui kolektif Flock Project yang ia bentuk bersama 2 orang fotografer lainnya sejak 2016.


Info updated cek : https://goo.gl/LHGXxZ

Visual Report Cek : https://goo.gl/65vWbq [ mungkin Album error per 27/9/2018 ] 

Youtube video clip pertanggungjawaban Acara & Sponsor :
 https://www.youtube.com/watch?v=2DoXGNP27_s

Comments

Popular Posts